I Ue Ima Yire

"I ue ima Yire", artinya "di Kali Ue ini". Lagu gubahan Grup Pikalu (ciptaan Beni Hisage) ini bercerita tentang bahaya HIV/AIDS. Aktifitas masyarakat di sepanjang Kali Ue, antara lain adalah mandi, mencuci pakaian, tambang pasir, bahkan melakukan bisnis seksual.

Cuplikan videoclip i ue ima yire_72

Lirik lagu (Bahasa Indonesia)

Di kali Ue ini hanya kamu yang bermesraan

Di kali Sawema ini hanya kamu yang berpangkumesraan

Biar pun mengaku diri dewasa, tapi pasti akan kena penyakit

Biar pun mengaku diri orang tua, tapi pasti akan kena penyakit

Lebih baik kerja kebun di kampung halamanmu

Lebih berguna kerja kebun di kampung halamanmu

Penjelasan Tentang Lagu

“I ue ima Yire”,  artinya “di Kali Ue ini”. Lagu gubahan Grup Pikalu Pikon (ciptaan Beni Hisage) ini bercerita tentang bahaya HIV/AIDS. Aktifitas masyarakat di sepanjang Kali Ue, antara lain adalah mandi, mencuci pakaian, tambang pasir, bahkan melakukan bisnis seksual. Dalam lagu ini, kami menyorot bagian aktifitas seksual masyarakat karena di sini muncul banyak orang yang mengidap HIV/AIDS dan penyakit seksual lainnya.

Pikalu Group

Melalui lagu ini, kami mau mengajak masyarakat untuk mengoreksi diri akan perilakunya dan mau mengerti tentang bahaya HIV/AIDS serta penyakit seksual lainnya.

Written By

Lahir di Wamena, 26 September, 1971. Saat ini, Om Kornelis bekerja di SKPKC Fransiskan Papua sebagai staf di bidang administrasi. Selain aktif di SKPKC Fransiskan Papua, Om Kornelis juga aktif di kegiatan Gereja dan kelompok-kelompok sosial yang berhubungan dengan pemberdayaan masyarakat.

1 Comment

  • Terima kasih Om Kornelis untuk artikelnya…saya Palmer, orang Amerika yang mau meneliti tentang musik/kesenian ini di Papua. Saya mau minta bantuan Om Kornelis untuk hubungi grup Pikalu Pikon dan cari grup2 lain di daerah Wamena yang main musik ini. Kalau boleh tolong hubungi saya di e-mailnya yang saya kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *