Dua Foto Tentara Amerika, ‘Ganggu’ Pemerintah RI?

Papua, mendengar wilayah tersebut tentunya tidak akan habis-habisnya sejumlah rentetan keajaiban terkait wilayah timur yang secara hukum “masih” Indonesia tersebut. Seperti yang kita sering lihat, banyak kasus yang masih menggantung, baik itu kasus yang terjadi di Papua seperti, penuntasan tragedi Tolikara, hingga drama konyol petinggi parlemen dengan kasusnya “Papa minta saham”, dan yang paling aktuil (1/12) kemarin adalah gesekan aparat dengan dengan pengunjuk rasa di bundaran HI Jakarta yang menuntut kebebasan berpendapat di Papua.

nayseals4
foto yang diduga asli

Tak kalah menghebohkan juga, beredarnya foto dukungan dari tentara Amerika yang mendukung perjuangan untuk merdeka di internet, november lalu, dengan jargon ‘We Support Agencies West Papua by US Military”, yang dalam foto hadir dalam spanduk yang dipegang kelompok orang berseragam militer Amerika. yang mugkin direka dengan sedikit keajaiban teknologi editing “ala meme” media sosial.

Versi lain, foto adalah pose bersama personel Navy Seals tanpa spanduk, yang menurut sumber, foto tersebut sejatinya milik sebuah lembaga pelatihan semi militer Ruck Endure. Gambar itu diperoleh dari akun Twitter mereka, @RuckEndure yang diunggah 20 Juni 2015.

nayseals3
foto yang diduga hoax

Divisi Humas Polri, hari ini merespon foto tersebut dengan sebuah unggahan di akun jejaring sosial Facebook  Saat ini beredar di dunia maya foto yang menggambarkan tentara Amerika mendukung kemerdekaan Papua. Kami informasikan bahwa foto tersebut merupakan hasil rekayasa ( editan ) dari pihak yang tidak bertanggungjawab. Agar para Mitra Humas tidak terprovokasi foto tersebut. Berikut foto asli dan foto hasil editan.”

nayseals

Terlepas dari benar atau tidaknya foto tersebut, ini jelas merupakan sebuah kode keras bagi pemerintah harus berkeja sangat keras dan serius jika ingin menjawab keraguan publik tentang penyelesaian berbagai drama di Papua.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *