Rangkaian Imaji: Gerbang Sehat Yowari

Halaman-Papua_Devota_Ruangan-Ruangan-Rumah-Sakit-Yowari_001

Ruang -ruang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari, yang terletak di Jalan Doyo Baru, Sentani, Kabupaten Jayapura dalam rekaman gambar diam beberapa hari lalu.

Halaman Papua_Devota_Ruangan-Ruangan Rumah Sakit Yowari_01

Halaman Papua_Devota_Ruangan-Ruangan Rumah Sakit Yowari_02Halaman Papua_Devota_Ruangan-Ruangan Rumah Sakit Yowari_03Halaman Papua_Devota_Ruangan-Ruangan Rumah Sakit Yowari_04

Halaman Papua_Devota_Ruangan-Ruangan Rumah Sakit Yowari_07

Rumah sakit ini merupakan rumah sakit terbesar di Kabupaten Jayapura, namun sayangnya masih kekurangan tenaga medis, khususnya dokter spesialis.  Sebagaimana yang diutarakan oleh Direktur RSUD Yowari, Dr. Frans Sigala, bahwa “jumlah pasien yang ditangani…setiap hari tidak sebanding dengan jumlah tenaga yang dimiliki…” (Bintang Papua, 24 Februari, 2014, hlm. 6). Faktanya, kurangnya tenaga medis ini pun merupakan salah satu masalah utama yang dapat ditemukan hampir di seluruh rumah sakit di Papua.

Halaman Papua_Devota_Ruangan-Ruangan Rumah Sakit Yowari_12

Foto esai ini mencoba menghadirkan persoalan terkait kurangnya tenaga medis dengan membenturkan ekspektasi publik kepada kenyataan visual di rumah sakit Yowari: banyak ruang (fasilitas), tetapi kekurangan tenaga medis.

Halaman-Papua_Devota_Ruangan-Ruangan-Rumah-Sakit-Yowari_16Halaman-Papua_Devota_Ruangan-Ruangan-Rumah-Sakit-Yowari_17Halaman-Papua_Devota_Ruangan-Ruangan-Rumah-Sakit-Yowari_18

Halaman-Papua_Devota_Ruangan-Ruangan-Rumah-Sakit-Yowari_22

Written By

Devota Olinger, lahir di Jayapura, tanggal 9 Juni, 1995. Devota baru saja menamatkan pendidikan sekolahnya di Sekolah Menengah Atas (SMA) Teruna Bakti, Waena, Kota Jayapura. Saat ini, untuk mengisi waktu luangnya, Devota mengikuti berbagai kegiatan di Gereja "Sang Penebus", Sentani, dan juga aktif dalam kegiatan Media Untuk Papua Sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *