Evaluasi Program Media untuk Papua Sehat

Hafiz, Direktur Program Media untuk Papua Sehat, mempresentasikan materi evaluasi.
Evaluasi Program Media untuk Papua Sehat berlangsung di Aula Kecil St. Clara Kompleks Misi Katolik, Biara St. Antonius, Sentani pada hari jum’at, 23 januari, 2015, pukul 10.00 WIT.

Evaluasi Program Media untuk Papua Sehat berlangsung di Aula Kecil St. Clara Kompleks Misi Katolik, Biara St. Antonius, Sentani pada hari jum’at, 23 januari, 2015, pukul 10.00 WIT. Acara ini diselenggarakan oleh Forum Lenteng sebagai evaluator Program Media untuk Papua Sehat gelombang pertama yang berlangsung dari November, 2013, sampai Oktober, 2014, di empat wilayah, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Mimika.

Hafiz, Direktur Program Media untuk Papua Sehat, mempresentasikan materi evaluasi.
Hafiz, Direktur Program Media untuk Papua Sehat, mempresentasikan materi evaluasi.

Yang hadir, antara lain dari Forum Lenteng: Hafiz Rancajale (Direktur Program Media untuk Papua Sehat), Yuki Aditya (Manajer Program Media untuk Papua Sehat), Gelar Soemantri (Pemimpin Redaksi Halaman Papua), Syaiful Anwar (fasilitator), Prashasti Wilujeng Putri (peneliti) dan Afrian Purnama (peneliti); Media Specialist KINERJA USAID, Bapak Firmansyah MS; LHGS Kota Jayapura, John Wato; LHGS Kabubaten Jayapura, Yan Marey; LHGS Kabupaten Mimika, Lince Yembise; LHGS Kabupaten Jayawijaya, Marthen Abidondifu; LPSS Kabupaten Jayapura, Beatrix Kasihuw; Staf Monev Kinerja Papua, Erica; Ketua Komunitas Yoikatra (Mimika), Yonri Revolt; fasilitator Kabupaten Mimika, Fabian Kakisina; Ketua Komunitas Riyana Waena (Kota Jayapura), Aloysius Rahawadan; Fasilitator Kota Jayapura, Niko Tunjanan; Partisipan dari Komunitas Hiloi (Kabupaten Jayapura), Veronika Huby; Fasilitator Kabupaten Jayapura, Bernard Koten; partisipan dari komunitas Ebeaila (Kabupaten Jayawijaya), Veronika Wetipo; fasilitator Kabupaten Jayawijaya, Pater Theo Kosi.

Acara diawali oleh pembukaan dan sambutan dari Yuki Aditya, yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan program-program serta perkembangan Halaman Papua oleh Hafiz Rancajale. Selanjutnya, Bapak Firmansyah menanggapi perkembangan yang sudah terjadi di Halaman Papua dan pengaruhnya sejauh ini. Pembicaraan kemudian berlanjut dengan mempersilakan fasilitator dari masing-masing daerah berbicara mengenai hasil dan pengaruh yang sudah terjadi selama mengikuti pelatihan dan bimbingan Program Media untuk Papua Sehat.

Pukul 12.30 WIT, seluruh peserta evaluasi dipersilakan untuk istirahat sejenak sembari menikmati santap siang yang sudah siapkan oleh Kompleks Misi Katolik. Semua peserta bercengkrama dalam kehangatan sembari berbicara kecil satu sama lain selama 30 menit.

Foto bersama seluruh partisipan evaluasi program.
Foto bersama seluruh partisipan evaluasi program.

Pukul 13.00 WIT, seluruh peserta evaluasi kembali masuk ke Aula Kecil untuk mendengar evaluasi dan tanggapan dari KINERJA. Dalam pembicaraan, dijelaskan tentang kekurangan yang dirasakan oleh pihak Forum Lenteng dan KINERJA, misalnya persoalan koordinasi dan komunikasi. Kekurangan ini didiskusikan dengan kepala dingin, dan akan diperbaiki oleh semua pihak yang terlibat.

Acara berakhir pada pukul 15.00 WIT dan ditutup dengan doa dari Pater Theo Kosi dan foto bersama.

Written By

Manshur Zikri, lahir di Pekanbaru, 23 Januari 1991. Lulusan S1 Departemen Kriminologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia. Saat ini, Zikri aktif di Forum Lenteng sebagai penulis dan peneliti di Program akumassa, serta sebagai fasilitator pelatihan literasi media dalam Program Media Untuk Papua Sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *