Rekaman Suara: Jarak Rujukan yang Jauh

Ibu Dewi.
Seorang ibu hamil yang berobat di Rumah Sakit Swakarsa mengutarakan kendala yang dihadapinya terkait Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).
Ibu Dewi.
Ibu Dewi.

Rekaman suara berikut ini merupakan potongan wawancara yang dilakukan oleh tim Halaman Papua dan peserta pelatihan Program Media Untuk Papua sehat kepada salah seorang anggota masyarakat. Seorang ibu hamil yang berobat di Rumah Sakit Swakarsa mengutarakan kendala yang dihadapinya terkait Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

Ibu Dewi: “Nama saya Maria Munadewi Parera. Nama panggilan, Dewi. Asalnya Flores.”

Halaman Papua: “Usia kehamilan?”

Ibu Dewi: “Usia kehamilan sekarang, enam bulan.”

Ibu Dewi: “Menurut saya… dari pengalaman, baru pertama kali saya periksa di Rumah Sakit Swakarsa. Pelayanannya cukup baik. Cuma, yang menjadi kendala, kita punya Jamkesmas tetapi tidak bisa digunakan karena itu harus ada rujukan lagi ke Arso 8. Sementara, jarak dari Swakarsa, Arso 6 dan Arso 8 itu cukup jauh. Jadi, ya… dari pada ke sana, mendingan di sini, apalagi kondisi perjalanan, kan tidak bagus juga.”

Ibu Dewi: “Prosesnya, pertama kita melapor ke loket pendaftaran. Dari loket, nanti ditanya, dan kita sampaikan bahwa akan periksa kandungan. Dari situ, kita akan di suruh ke Polik Kandungan. Nah, di situ, kita serahkan berkas yang dari rumah sakit, data diri kita, dan setelah itu menunggu antrian. Karena di situ bukan satu atau dua orang, tapi banyak. Ada ibu hamil dan juga [pasien yang masuk kategori] Ibu dan Anak. Jadi, pengalaman saya, dari jam sepuluh pagi saya ke rumah sakit, selesainya itu jam dua siang. Jadi, banyak! Setelah itu, baru masuk ke dalam ruangan Polik Kandungan. Di situ ada dokter, dan dokternya itu dokter Pane, tapi dia tidak tinggal di sini. Dia tinggalnya di Kota sehingga jadwal dia untuk periksa ibu hamil itu Hari Senin, Selasa dan Kamis. Tiga hari dalam satu minggu.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *